Senin, 02 Juni 2014

Defenisi dan Ruang Lingkup Psikologi Pembelajaran

Defenisi dan Ruang Lingkup Psikologi  Pembelajaran
Defenisi psikolgi pendidikan yang menyangkut tentang psikologi belajar
-       Psikologi belajar adalah sebuah frase yang terdiri dari dua kata, yaitu psikologi dan belajar. Psikologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu psyche yang berarti jiwa dan logos  yang berarti ilmu. Jadi, secara harfiah psikologi berarti ilmu tentang jiwa atau ilmu jiwa.

-       Psikologi adalah ilmu mengenai kehidupan mental (the science of mental life).

-       Psikologi adalah ilmu mengenai pikiran (the science of mind ).

-       Psikologi adalah ilmu mengenai tingkah laku ( the science of behavior ).

-       Psikologi adalah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik yang berupa manusia lain ( human relationship ) maupun yang bukan manusia seperti hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.

-       Psikologi belajar adalah sebuah disiplin psikologi yang berisi teori-teori psikologi mengenai belajar, terutama mengupas bagaimana cara individu belajar atau pembelajaran.

Ruang Lingkup Psikologi Belajar
-       Sebagai sebuah disiplin imu yang merupakan cabang dari psikolgi, yang kajiannya dikhususkan pada masalah belajar, maka psikologi belajar memiliki ruang lingkup di sekitar masalah belajar saja. Jangan bingun bila ruang lingkup psikolgi belajar terdapat juga dalam kajian psikologi pendidikan. Karena memang psikologi pendidikan sebagai ilmu terapan (applied science) berusaha menerangkan masalah belajar menurut prinsip-prinsip dan fakta-fakta mengenai tingkah laku manusia yang telah ditentukan secara ilmiah. Karenanya masalah belajar mendapat sorotan yang besar dalam psikologi pendidikan.

-       Psikologi belajar memiliki ruang lingkup yang secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga pokok bahasan, yaitu masalah belajar, proses belajar, dan situasi belajar.

0 komentar:

Posting Komentar