SOAL
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
1. Menurut pendapat salah satu tokoh pendidikan, defenisi media pembelajaran adalah “Kondisi
yang berbasis media meliputi jenis penyajian yang disampaikan kepada para
pembelajar dengan penjadwalan, pengurutan dan pengorganisasian”, Siapakah tokoh pendidikan yang mengemukakan pendapat tersebut ?
a.
Gerlach & Ely
b.
Arief S. Sadiman, dkk (1984)
c.
Latuheru (1993),
d.
Gagne (1987)
Jawaban : d. gagne (1987)
2. Manakah
dibawah ini yang termasuk dalam tujuan media pembelajaran ?
a. Meningkatka prestasi dan pengetahuan
b. sebagai alat bantu pembelajaran dan meningkatkan
efisiensi proses pembelajaran
c. mengefesienkan waktu belajar dan pengetahuan
d. menambah ilmu tentang media pembelajaaran dan cara
menggunakannya
jawaban
: b. sebagai alat bantu pembelajaran dan meningkatkan efesiensi proses
pembelajaran
3. “Media
pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta
dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si belajar sehingga
dapat mendorong terjadinya proses belajar”. Menurut tokoh pendidikan ?
a.
Sudjana dan Rivai (1990)
b.
Daryanto (2009)
c.
Gagne (1987)
d.
Junaidi (2011)
Jawaban : a. sudjana dan rivai (1990)
4. Berikut ini, manakah yang termasuk kedalam
kriteria pemilihan media yang baik
?
a. Tujuan Penggunaan, Sasaran
pengguna media, Karakteristik media, Waktu, Biaya, Ketersediaan, dan Konteks penggunaan
b. Tujuan Penggunaan, Karakteristik
media, Waktu, Biaya, Ketersediaan, dan Konteks
penggunaan
c. Tujuan Penggunaan, Sasaran
pengguna media, Waktu, Biaya, Ketersediaan, dan Konteks
penggunaan
d. Tujuan Penggunaan, Sasaran
pengguna media, Karakteristik media, Waktu, Biaya, dan Ketersediaan konteks
Jawaban
: a. Tujuan
Penggunaan, Sasaran pengguna media,
Karakteristik media, Waktu, Biaya, Ketersediaan, dan Konteks penggunaan
5. Yang termasuk dalam 4 fungsi
media pembelajaran Menurut Levie &
Lentz (1982) ?
a. Fungsi atensi, Fungsi otak, Fungsi kognitif, Fungsi
kompensatoris
b. Fungsi
atensi, Fungsi afektif, Fungsi indra, Fungsi kompensatoris
c. Fungsi
atensi, Fungsi afektif, Fungsi kognitif
Fungsi kompensatoris
d. Fungsi
atensi, Fungsi afektif, Fungsi kognitif, Fungsi psikomotorik
Jawaban
: c. Fungsi atensi, Fungsi afektif, Fungsi kognitif, Fungsi kompensatoris
6. Berikut
ini adalah beberapa manfaat media pembelajaran menurut Kemp dan Dayton (1985), kecuali ?
a. Penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan
b. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
c. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
d. Media pembelajaran menambah ilmu
pengetahuan
Jawaban : d. media
pembelajaran menambah ilmu pengetahuan
7.
Media
cetak adalah….
a.
Buku dan modul.
b.
Slide
c.
Tulisan bergerak
d.
Film bisu
Jawaban : a. buku dan modul
8.
Media
audio visual gerak, adalah
a.
Slide
b.
Buku dan modul
c.
Film
bersuara, film pada televisi, Televisi dan animasi.
d.
Foto
Jawaban
: c. Film bersuara, film pada televisi, Televisi dan animasi.
9. Media audio visual diam, adalah….
a.
Film bisu
b.
Slide
c.
Radio, telepon, pita audio
d.
Halaman cetak
Jawaban
: b. slide
10. Audio semi gerak, adalah….
a.
Slide bisu, telepon, pita audio
b.
Buku dan modul
c.
Foto
d.
Tulisan bergerak bersuara
Jawaban : d. tulisan bergerak
bersuara
11. Media visual bergerak, adalah…..
a.
Film
bisu.
b.
Tulisan bergerak bersuara
c.
Radio, telephon, pita audio
d.
Buku dan modul
Jawaban : a. film bisu
12. Media visual diam,, adalah…..
a.
Slide bisu
b.
Film bisu
c.
Slide bisu, halaman cetak, foto
d.
Slide
Jawaban : c. slide bisu, halaman
cetak, foto
13. Media audio, adalah…..
a.
Radio dan telephon
b.
Slide bisu, halaman cetak
c.
Foto dan radio
d.
Radio, telephon, pita audio
Jawaban
: d. radio, telephon, pita audio
14. Defenisi Media Bagan(Chart) adalah…..
a. Media yang penyajianya mengunakan
lambang-lambang visual,untuk mendapatkan sejumlah informasi yang menunjukan
perkembangan.
b. Media yang penyajianya secara diagramatik
dengan mengunakan lambang-lambang visual,untuk mendapatkan sejumlah informasi
yang menunjukan perkembangan ide,objek,lembaga,orang,keluarga yang ditinjau
dari sudut waktu dan ruang.
c. Media yang penyajianya secara real/nyata dengan mengunakan lambang-lambang
visual,untuk mendapatkan sejumlah informasi yang menunjukan perkembangan
ide,objek,lembaga,orang,keluarga.
d. Media yang penyajianya secara diagramatik
dengan mengunakan lambang-lambang visual,untuk mendapatkan sejumlah informasi
yang menunjukan perkembangan yang ditinjau dari sudut waktu dan ruang.
Jawaban : b. media yang penyajianya secara diagramatik
dengan mengunakan lambang-lambang visual, untuk mendapatkan sejumlah informasi
yang menunjukan perkembangan ide, objek, lembaga, orang, keluarga yang ditinjau
dari sudut waktu dan ruang.
15. Ciri-ciri media poster yang baik
adalah…..
a. Sederhana, Menyajikan satu ide pokok, Berwarna, Slogan ringkas dan jitu, Tulisannya jelas, Motif dan desain bervariasi, Karikatur
dan Kartun
b. Menyajikan satu ide pokok, Berwarna, Slogan ringkas dan jitu, Tulisannya jelas, Motif dan desain bervariasi, Karikatur
dan Kartun
c. Sederhana, Berwarna, Slogan ringkas dan jitu, Tulisannya jelas, Motif
dan desain bervariasi, Karikatur dan Kartun
d. Sederhana, Menyajikan satu ide pokok, Berwarna, Slogan ringkas dan jitu , Motif dan desain bervariasi, Karikatur
dan Kartun
Jawaban : a. Sederhana, Menyajikan satu ide pokok, Berwarna,
Slogan ringkas dan jitu, Tulisannya jelas,Motif dan desain bervariasi, Karikatur dan Kartun
16. Ringkasan dengan menggunakan sedikit
garis-garis, symbol-symbol atau lambang-lambang yang menggambarkan struktur
dari objeknya secara garis besar, menunjukkan hubungan yang ada antara komponen
atau sifat-sifat proses yang ada, serta ditambahkan sedikit keterangan, yang
cukup untuk memberikan penjelasan secara cepat, ringkas, dan jelas. Merupakan defenisi dari media ?
a. Media gambar/foto
b. Media poster
c. Media
diagram
d. Media peta
Jawaban : c.media diagram
17. Dalam dunia pendidikan ada beberapa Diagram yang sering
digunakan sebagai media pembelajaran, dianataranya ?
a. Diagram
lingkaran, Diagram lingkaran, Diagram Batang
b. Diagram Garis,
Diagram lingkaran, Diagram Batang
c. Diagram Garis,
Diagram lingkaran, Diagram simetris
d. Diagram Garis,
Diagram alur,
Diagram Batang
Jawaban : b. Diagram Garis,
Diagram lingkaran,
Diagram Batang
18. Dibawah ini,
yang termasuk dalam media visual adalah
a. Grafik,
radio, chart, poster, kartun, komik
b. Grafik,
diagram, tape recorder, poster, kartun, komik
c. Grafik,
diagram, chart, poster, lab. bahasa, komik
d. Grafik,
diagram, chart, poster, kartun, komik
Jawaban : d. Grafik, diagram, chart,
poster, kartun, komik
19. Poster, yaitu
a. Sajian kombinasi visual yang jelas,
menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
b. Gambaran yang sederhana yang
dirancang untuk memperlihatkan hubungan timbal balik yang biasanya disajikan
melalui garis-garis simbol.
c. Gambar-gambar atau tulisan-tulisan biasanya langsung
ditempelkan dengan menggunakan lem atau alat penempel lainnya.
d. Gambar yang sederhana atau draft
kasar yang melukiskan bagian-bagian pokok dari suatu bentuk gambar.
Jawaban : a. sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok,
dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
20. Grafik, yaitu
a. Sajian kombinasi visual yang jelas,
menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
b. Penyajian data berangka melalui perpaduan
antara angka, garis, dan simbol.
c. Papan
biasa tanpa dilapisi kain flanel
d. Perpaduan sajian kata-kata, garis, dan
simbol yang merupakan ringkasan suatu proses, perkembangan, atau
hubungan-hubungan penting.
Jawaban : b. penyajian data berangka melalui perpaduan
antara angka, garis, dan simbol.
21. Media pembelajaran mencakup semua sumber
yang diperlukan untuk melakukan komunikasi dengan si-belajar. Hal ini bisa
berupa perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan pada perangkat keras.
Menurut pendapat ?
a. Ki Hajar
Dewantara
b. Berlach dan
Ely (1971)
c. Martin dan
Briggs (1986)
d. Oemar Hamalik (1994)
Jawaban : c. Martin dan
Briggs (1986)
22. Media pembelajaran tiga dimensi adalah
a. Media yang tampilannya dapat diamati
dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi panjang dan lebar
b. Media yang tampilannya dapat diamati
dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi panjang, lebar, dan
tinggi/tebal
c. Media yang tampilannya dapat diamati
dari dua arah pandang saja dan mempunyai
dimensi panjang, lebar, dan tinggi/tebal
d. Media yang tampilannya dapat diamati
dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi.
Jawaban : b. Media yang tampilannya
dapat diamati dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi panjang, lebar,
dan tinggi/tebal
23. Pemakaian
media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan
dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan ransangan kegiatan belajar, dan
bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Itu merupakan
pendapat dari ilmuwan….
a. Webster
(1983)
b. Anthony
(1963)
c. Hamalik
(1986)
d. Richard
dan Rodgers (1982)
Jawaban
: c. hamalik (1986)
24. Media
pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan
konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk
mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali. Merupakan
fungsi…
a. Funsi
kognitif
b. Fungsi
Kompensatoris
c. Fungsi
afektif
d. Fungsi
atensi
Jawaban
: b. fungsi kompensatoris
25. Salah
satu hal yang penting dilakukan yaitu guru harus selalu hadir untuk menyajikan materi
pelajaran dengan bantuan media apa saja agar manfaat berikut ini dapat
terealisasi…
a. Pembelajaran
dapa diberikan kapan dan di mana diinginkan atau diperlukan jika media
pembelajaran dirancang untuk penggunaan secara individu.
b. Pembelajaran
bisa lebih menarik
c. Penyampaian
pelajaran menjadi lebih baku
d. Menunjukkan
hubungan antara mata pelajaran dan kebutuhan dan minat siswa dengan
meningkatkan motivasi belajar siswa
Jawaban
: d. Menunjukkan hubungan antara mata pelajaran dan kebutuhan dan minat siswa
dengan meningkatkan motivasi belajar siswa
26. Salah
satu hal yang
guru harus dimiliki
adalah pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran menurut
Hamalik (1994:6) adalah….
a. Media
sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar
b. Media
dapat digunakan secara missal
c. Media
pendidikan digunakan dalm rangka komunikasi dan interaksi guru dan siswa dalam
proses pembelajaran
d. Penekanan
media pendidikan terdapat pada visual dan audio
Jawaban
:
27. Ciri
ini menggambarkan kemampuan media merekan, menyimpan, melestarikan, dan
merekonstruksi suatu peristiwa atau objek. Pernyataan tersebut merupakan ciri
dari media pendidikan…
a. Ciri
distributive
b. Ciri
Fiksatif
c. Ciri
Manipulatif
d. Ciri
Afektif
Jawaban
: b. ciri fiksatif
28. Berdasarkan
perkembangan teknologi, media pembelajaran dapat dikelompokkan Ke dalam
beberapa kelompok….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
Jawaban
: d. 4
29. Salah
1 pilihan media tradisional adalah visual yang
diproyeksikan. Apa-apa saja
contohnya….
a. Gambar,
poster, foto, charts, grafik, diagram, pameran, papan info, papan-bulu
b. Film,
Televisi, Video
c. Teka-teki,
simulasi, permainan papan
d. Model,
specimen (contoh), manipulative (peta,boneka)
Jawaban
: a. Gambar, poster, foto, charts, grafik, diagram, pameran, papan info,
papan-bulu
30. Hypertext
merupakan….
a. Gabungan
media lain ke dalam teks
b. Suatu
system penyampaian pengajaran di mana materi video rekaman disajikan dengan
pengendalian computer kepada penonton (siswa) .
c. System
penyimpanan dan rekaman video dimana signal audio-visual direkam pada disket
plastic, bukan pada pita magnetic
d. Suatu
tulisan yang yang tak berurutan – nonsekuensial
Jawaban
: d. Suatu tulisan yang yang tak berurutan – nonsekuensial
31. Apabila
terjadi keterbatasan pada media cetakan, maka yang terjadi adalah….
a. Sulit
menampilkan gerak dalam halaman media cetakan
b. Biaya
percetakan akan mahal
c. Proses
pencetakan media seringkali memakan waktu beberapa hari sampai berbulan-bulan
d. SEMUA
BENAR
Jawaban
: d. semua benar
32. Salah
satu kelebihan media pamer adalah sebagai berikut…
a. Fasilitas
papan tulis atau white board selalu
tersedia di ruang-ruang kelas
b. Memerlukan
keahlian khusus dari penyajinya
c. Penggunaan.y
pada kelompok kecil
d. Mungkin
tidak dianggap penting jika dibandingkan dengan media-media yg diproyeksikan.
Jawaban
: a. Fasilitas papan tulis atau white
board selalu tersedia di ruang-ruang kelas
33. Visula
baik berupa huruf, lambing, gambar, grafik atau gabungannya pada lembaran bahan
tembus pandang atau plastic yang dipersiapkan untuk diproyeksikan ke sebuah
layar atau dinding melalui sebuah proyektor. Merupakan pengertian dari…
a. Slide
b. Proyektor
Transparansi (OHP)
c. Rekaman
Audio-Tape
d. Slide
Jawaban
: b. proyektor transparansi
34. Keuntungan
dari media Slide adalah….
a. Dapat
digandakan untuk keperluan perorangan
b. Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mendengarkan diri sendiri sebagai alat diagnosis
c. Urutan
gambar (film bingkai) dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan
d. Memiliki
kemampuan untuk menampilkan warna
Jawaban
: c.urutan gambar(film bingkai) dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan
35. Televisi
adalah system elektronik yang mengirimkan gambar diam dan gambar hidup bersama
suara melalui kabel atau ruang. Salah satu keterbatasan yg dimiliki televise
adalah….
a. Bisa
menyajikan model dan contoh contoh yang baik bagi siswa
b. Dapat
memberikan kepada siswa peluang untuk melihat dan mendengar diri sendiri
c. Hanya
mampu menyajikan komunikasi satu arah
d. Dapat
menyajikan visual dan suara yang amat sulit diperoleh pada dunia nyata
Jawaban
: c. hanya mampu menyajikan komunikasi satu arah
36. Salah
satu keuntungan dari media Komputer adalah….
a. Dapat
mengakomodasi siswa yang lamban menerima pelajaran, karena ia dapat memeberikan
iklim yang lebih afektif dengan cara yang lebih individual, tidak pernah lupa,
tidak pernah bosan, sangat sabar dalam menjalankan instruksi seperti yang
diinginkan program yang digunakan.
b. Harga
perangkat keras computer cenderung semakin menurun (murah)
c. Untuk
menggunakan computer diperlukan pengetahuan dan keterampilan khusus tentang
computer.
d. Keragaman
model kompuetr sering menyebabkan program yang tersedia untuk sau model tidak
cocok (kompatibel) dengan model lainnya.
Jawaban
: a. Dapat mengakomodasi siswa yang lamban menerima pelajaran, karena ia dapat
memeberikan iklim yang lebih afektif dengan cara yang lebih individual, tidak
pernah lupa, tidak pernah bosan, sangat sabar dalam menjalankan instruksi
seperti yang diinginkan program yang digunakan.
37. Media
pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera ruang dan waktu, seperti
berikut…
a. Objek
atau benda yang terlalu besar untuk ditampilkan langsung di ruang kelas dapat
diganti dengan gambar, foto, slide, realita, film, radio, atau model.
b. Memberikan
pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri di kalangan
siswa
c. Membantu
tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
d. Memberikan
pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain, dan membantu efisiensi
dan keragaman yang lebih banyak dalam belajar.
Jawaban
: a. Objek atau benda yang terlalu besar untuk ditampilkan langsung di ruang
kelas dapat diganti dengan gambar, foto, slide, realita, film, radio, atau
model.
38. Dibawah ini
yang termasuk dalam media visual, kecuali ?
a. Grafik, radio, diagram, chart, poster, kartun, komik
b. Grafik,
diagram, poster, kartun, komik
c. Grafik,
diagram, chart, poster, komik
d. Grafik,
diagram, chart, tape recorder, kartun, dan lab. bahasa
Jawaban : d. Grafik, diagram, chart, tape recorder, kartun,
dan lab. Bahasa
39. Media
transparansi adalah …..
a. OHT atau
Media visual proyeksi yang dibuat diatas bahan transparan, yang berupa film
acetace atau plastic yang memiliki ukuran.
b. Media
yang digunakan sebagai
alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar
c. Media yang tampilannya dapat diamati
dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi panjang, lebar, dan
tinggi/tebal
d. Media yang penyajianya mengunakan
lambang-lambang visual,untuk mendapatkan sejumlah informasi yang menunjukan
perkembangan.
Jawaban : a. OHT atau Media visual proyeksi yang dibuat
diatas bahan transparan, yang berupa film acetace atau plastic yang memiliki
ukuran.
40. OHP adalah
untuk memproyeksi benda-benda transparan (tembus cahaya) kepermukaan layar,
adapun bagian OHP, sebagai berikut ?
a. Kepala
proyektor, lensa proyeksi, pengatura ketajaman gambar, alas kaca, lubang
ventilasi.
b. Kepala
proyektor, lensa proyeksi, alas kaca, lubang ventilasi, tombol on-off
c. Kepala
proyektor, lensa proyeksi, pengatura ketajaman gambar, alas kaca, lubang
ventilasi, tombol on-off
d. Kepala
proyektor, pengatura ketajaman gambar, alas kaca, lubang ventilasi, tombol
on-off
Jawaban : c. Kepala proyektor, lensa proyeksi, pengatura
ketajaman gambar, alas kaca, lubang ventilasi, tombol on-off
41. Fungsi OHP
secara umum adalah….
a. Pengganti
papan tulis dengan menggunakan pen khusus yang ditulis pada lembaran transparan
b. Tempat
menunjukkan bayangan suatu benda
c. Untuk
mendemontrasikan suatu percobaan
d. Semua benar
Jawaban : d. semua benar
42. Media power
point termasuk kedalam jenis media ?
a. Media visual
b. Media audio
visual
c. Media audio
d. Media
transparansi
Jawaban : b. media audio visual
43. Fungis atensi, yaitu ?
a. Menarik dan
mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang
berkaiatan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi
pelajaran.
b. media visual dapat
terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar teks yang bergambar.
c. media visual dapat
terlihat dari temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual
atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat
informasi yang terkandung dalam gambar.
d. media pembelajaran
berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan
memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks.
Jawaban : a. Menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk
berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaiatan dengan makna visual yang
ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
44.
Fungsi afektif,
yaitu ?
a. Menarik dan
mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang
berkaiatan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi
pelajaran.
b. Media
visual dapat terlihat
dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar teks yang bergambar.
c. Media
visual dapat terlihat
dari temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau
gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi
yang terkandung dalam gambar.
d. Media
pembelajaran berfungsi
untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi
pelajaran yang disajikan dengan teks.
Jawaban : b. Media visual dapat terlihat dari
tingkat kenikmatan siswa ketika belajar teks yang bergambar.
45.
Fungsi kognitif , yaitu ?
a. Menarik dan
mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang
berkaiatan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi
pelajaran.
b. Media
visual dapat terlihat
dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar teks yang bergambar.
c. Media
visual dapat terlihat
dari temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar
memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang
terkandung dalam gambar.
d. Media
pembelajaran berfungsi
untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi
pelajaran yang disajikan dengan teks.
Jawaban : c. media visual dapat terlihat dari
temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar
memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang
terkandung dalam gambar.
46.
Fungsi kompensatoris, yaitu
?
a. Menarik dan
mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang
berkaiatan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi
pelajaran.
b. Media
visual dapat terlihat
dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar teks yang bergambar.
c. Media
visual dapat terlihat
dari temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau
gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi
yang terkandung dalam gambar.
d. Media
pembelajaran berfungsi
untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi
pelajaran yang disajikan dengan teks.
Jawaban : d. Media pembelajaran berfungsi
untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi
pelajaran yang disajikan dengan teks.
47. Media cetak adalah….
a. Media yang dicetak baik secara massal atau tidak,
biasanya berupa kertas dan berisi
pengetahuan dan maksud yang ingin diutarakan oleh
penulis.
b. Media yang penyajianya mengunakan lambang
visual,untuk mendapatkan sejumlah informasi yang menunjukan perkembangan.
c. Media
yang digunakan sebagai
alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar.
d. Media yang berupa kertas.
Jawaban : a. media yang dicetak baik secara massal atau
tidak, biasanya berupa kertas dan berisi pengetahuan dan maksud yang ingin
diutarakan oleh penulis.
48. Manakah
dibawah ini yang termasuk kedalam media noncetak ?
a. Buku
pelajaran, ensiklopedi, modul, rekaman
b. Kaset audio,
modul, buku, slide presentasi
c. Kaset audio, rekaman, Slide presentasi, Gambar/foto, Video, rekaman dari TV, Video CD/DVD, dll.
d. Koran,
gambar/foto, buku pelajaran dll
Jawaban : c. kaset audio, rekaman, slide presentasi,
gambar/foto, video, rekaman dari tv, video CD/DVD dll.
Kj nya dong
BalasHapusmakasih...semoga keluar besok.
BalasHapus