Kamis, 03 Juli 2014

CONTOH SOAL MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

SOAL MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
1.    Menurut pendapat salah satu tokoh pendidikan, defenisi media pembelajaran adalah “Kondisi yang berbasis media meliputi jenis penyajian yang disampaikan kepada para pembelajar dengan penjadwalan, pengurutan dan pengorganisasian”, Siapakah tokoh pendidikan yang mengemukakan pendapat tersebut ?
a.    Gerlach & Ely
b.    Arief S. Sadiman, dkk (1984)
c.    Latuheru (1993),
d.    Gagne (1987)
Jawaban : d. gagne (1987)
2.    Manakah dibawah ini yang termasuk dalam tujuan media pembelajaran ?
a.    Meningkatka prestasi dan pengetahuan
b.    sebagai alat bantu pembelajaran dan meningkatkan efisiensi proses pembelajaran
c.    mengefesienkan waktu belajar dan pengetahuan
d.    menambah ilmu tentang media pembelajaaran dan cara menggunakannya
jawaban : b. sebagai alat bantu pembelajaran dan meningkatkan efesiensi proses pembelajaran
3.    “Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar”. Menurut tokoh pendidikan ?
a.    Sudjana dan Rivai (1990)
b.    Daryanto (2009)
c.    Gagne (1987)
d.    Junaidi (2011)
Jawaban : a. sudjana dan rivai (1990)
4.    Berikut ini, manakah yang termasuk kedalam kriteria pemilihan media yang baik ?
a.    Tujuan Penggunaan, Sasaran pengguna media, Karakteristik media, Waktu, Biaya, Ketersediaan, dan Konteks penggunaan
b.    Tujuan Penggunaan, Karakteristik media, Waktu, Biaya, Ketersediaan, dan Konteks penggunaan
c.    Tujuan Penggunaan, Sasaran pengguna media, Waktu, Biaya, Ketersediaan, dan Konteks penggunaan
d.    Tujuan Penggunaan, Sasaran pengguna media, Karakteristik media, Waktu, Biaya, dan Ketersediaan konteks
Jawaban : a. Tujuan Penggunaan, Sasaran pengguna media, Karakteristik media, Waktu, Biaya, Ketersediaan, dan Konteks penggunaan
5.    Yang termasuk dalam 4 fungsi media pembelajaran Menurut Levie & Lentz (1982) ?
a.    Fungsi atensi, Fungsi otak, Fungsi kognitif, Fungsi kompensatoris
b.    Fungsi atensi, Fungsi afektif, Fungsi indra, Fungsi kompensatoris
c.    Fungsi atensi, Fungsi afektif, Fungsi kognitif
Fungsi kompensatoris
d.    Fungsi atensi, Fungsi afektif, Fungsi kognitif, Fungsi psikomotorik
Jawaban : c. Fungsi atensi, Fungsi afektif, Fungsi kognitif, Fungsi kompensatoris
6.    Berikut ini adalah beberapa manfaat media pembelajaran menurut Kemp dan Dayton (1985), kecuali ?
a.    Penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan
b.    Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
c.    Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
d.    Media pembelajaran menambah ilmu pengetahuan
Jawaban : d. media pembelajaran menambah ilmu pengetahuan
7.    Media cetak adalah….
a.    Buku dan modul.
b.    Slide
c.    Tulisan bergerak
d.    Film bisu
Jawaban : a. buku dan modul
8.    Media audio visual gerak, adalah
a.    Slide
b.    Buku dan modul
c.    Film bersuara, film pada televisi, Televisi dan animasi. 
d.    Foto
Jawaban : c. Film bersuara, film pada televisi, Televisi dan animasi.
9.    Media audio visual diam, adalah….
a.    Film bisu
b.    Slide
c.    Radio, telepon, pita audio
d.    Halaman cetak
Jawaban : b. slide
10. Audio semi gerak, adalah….
a.    Slide bisu, telepon, pita audio
b.    Buku dan modul
c.    Foto
d.    Tulisan bergerak bersuara
Jawaban : d. tulisan bergerak bersuara
11. Media visual bergerak, adalah…..
a.    Film bisu.
b.    Tulisan bergerak bersuara
c.    Radio, telephon, pita audio
d.    Buku dan modul
Jawaban : a. film bisu
12. Media visual diam,, adalah…..
a.    Slide bisu
b.    Film bisu
c.    Slide bisu, halaman cetak, foto
d.    Slide
Jawaban : c. slide bisu, halaman cetak, foto
13. Media audio, adalah…..
a.    Radio dan telephon
b.    Slide bisu, halaman cetak
c.    Foto dan radio
d.    Radio, telephon, pita audio
Jawaban : d. radio, telephon, pita audio
14. Defenisi Media Bagan(Chart) adalah…..
a.    Media yang penyajianya mengunakan lambang-lambang visual,untuk mendapatkan sejumlah informasi yang menunjukan perkembangan.
b.    Media yang penyajianya secara diagramatik dengan mengunakan lambang-lambang visual,untuk mendapatkan sejumlah informasi yang menunjukan perkembangan ide,objek,lembaga,orang,keluarga yang ditinjau dari sudut waktu dan ruang.
c.    Media yang penyajianya secara real/nyata dengan mengunakan lambang-lambang visual,untuk mendapatkan sejumlah informasi yang menunjukan perkembangan ide,objek,lembaga,orang,keluarga.
d.    Media yang penyajianya secara diagramatik dengan mengunakan lambang-lambang visual,untuk mendapatkan sejumlah informasi yang menunjukan perkembangan yang ditinjau dari sudut waktu dan ruang.
Jawaban : b. media yang penyajianya secara diagramatik dengan mengunakan lambang-lambang visual, untuk mendapatkan sejumlah informasi yang menunjukan perkembangan ide, objek, lembaga, orang, keluarga yang ditinjau dari sudut waktu dan ruang.
15. Ciri-ciri media poster yang baik adalah…..
a.    Sederhana, Menyajikan satu ide pokok, Berwarna, Slogan ringkas dan jitu, Tulisannya jelas, Motif dan desain bervariasi, Karikatur dan Kartun
b.    Menyajikan satu ide pokok, Berwarna, Slogan ringkas dan jitu, Tulisannya jelas, Motif dan desain bervariasi, Karikatur dan Kartun
c.    Sederhana, Berwarna, Slogan ringkas dan jitu, Tulisannya jelasMotif dan desain bervariasi, Karikatur dan Kartun
d.    Sederhana, Menyajikan satu ide pokok, Berwarna, Slogan ringkas dan jitu , Motif dan desain bervariasi, Karikatur dan Kartun
Jawaban : a. Sederhana, Menyajikan satu ide pokok, Berwarna, Slogan ringkas dan jitu, Tulisannya jelas,Motif dan desain bervariasi, Karikatur dan Kartun
16. Ringkasan dengan menggunakan sedikit garis-garis, symbol-symbol atau lambang-lambang yang menggambarkan struktur dari objeknya secara garis besar, menunjukkan hubungan yang ada antara komponen atau sifat-sifat proses yang ada, serta ditambahkan sedikit keterangan, yang cukup untuk memberikan penjelasan secara cepat, ringkas, dan jelas. Merupakan defenisi dari media ?
a.    Media gambar/foto
b.    Media poster
c.    Media diagram
d.    Media peta
Jawaban : c.media diagram
17. Dalam dunia pendidikan ada beberapa Diagram yang sering digunakan sebagai media pembelajaran, dianataranya ?
a.    Diagram lingkaran, Diagram lingkaran, Diagram Batang
b.    Diagram Garis, Diagram lingkaran, Diagram Batang
c.    Diagram Garis, Diagram lingkaran, Diagram simetris
d.    Diagram Garis, Diagram alur, Diagram Batang
Jawaban : b. Diagram Garis, Diagram lingkaran, Diagram Batang
18. Dibawah ini, yang termasuk dalam media visual adalah
a.    Grafik, radio, chart, poster, kartun, komik
b.    Grafik, diagram, tape recorder, poster, kartun, komik
c.    Grafik, diagram, chart, poster, lab. bahasa, komik
d.    Grafik, diagram, chart, poster, kartun, komik
Jawaban : d. Grafik, diagram, chart, poster, kartun, komik
19. Poster, yaitu
a.    Sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
b.    Gambaran yang sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan hubungan timbal balik yang biasanya disajikan melalui garis-garis simbol.
c.    Gambar-gambar atau tulisan-tulisan biasanya langsung ditempelkan dengan menggunakan lem atau alat penempel lainnya.
d.    Gambar yang sederhana atau draft kasar yang melukiskan bagian-bagian pokok dari suatu bentuk gambar.
Jawaban : a. sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
20. Grafik, yaitu
a.    Sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
b.    Penyajian data berangka melalui perpaduan antara angka, garis, dan simbol.
c.    Papan biasa tanpa dilapisi kain flanel
d.    Perpaduan sajian kata-kata, garis, dan simbol yang merupakan ringkasan suatu proses, perkembangan, atau hubungan-hubungan penting.
Jawaban : b. penyajian data berangka melalui perpaduan antara angka, garis, dan simbol.
21. Media pembelajaran mencakup semua sumber yang diperlukan untuk melakukan komunikasi dengan si-belajar. Hal ini bisa berupa perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan pada perangkat keras. Menurut pendapat ?
a.    Ki Hajar Dewantara
b.    Berlach dan Ely (1971)
c.    Martin dan Briggs (1986)
d.    Oemar Hamalik (1994)
Jawaban : c. Martin dan Briggs (1986)
22. Media pembelajaran tiga dimensi adalah
a.    Media yang tampilannya dapat diamati dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi panjang dan lebar
b.    Media yang tampilannya dapat diamati dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi/tebal
c.    Media yang tampilannya dapat diamati dari  dua arah pandang saja dan mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi/tebal
d.    Media yang tampilannya dapat diamati dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi.
Jawaban : b. Media yang tampilannya dapat diamati dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi/tebal
23. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan ransangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Itu merupakan pendapat dari ilmuwan….
a.    Webster (1983)
b.    Anthony (1963)
c.    Hamalik (1986)
d.    Richard dan Rodgers (1982)
Jawaban : c. hamalik (1986)
24. Media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali. Merupakan fungsi…
a.    Funsi kognitif
b.    Fungsi Kompensatoris
c.    Fungsi afektif
d.    Fungsi atensi
Jawaban : b. fungsi kompensatoris
25. Salah satu hal yang penting dilakukan yaitu guru harus selalu hadir untuk menyajikan materi pelajaran dengan bantuan media apa saja agar manfaat berikut ini dapat terealisasi…
a.    Pembelajaran dapa diberikan kapan dan di mana diinginkan atau diperlukan jika media pembelajaran dirancang untuk penggunaan secara individu.
b.    Pembelajaran bisa lebih menarik
c.    Penyampaian pelajaran menjadi lebih baku
d.    Menunjukkan hubungan antara mata pelajaran dan kebutuhan dan minat siswa dengan meningkatkan motivasi belajar siswa
Jawaban : d. Menunjukkan hubungan antara mata pelajaran dan kebutuhan dan minat siswa dengan meningkatkan motivasi belajar siswa


26. Salah satu hal yang guru harus dimiliki adalah pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran menurut Hamalik (1994:6) adalah….
a.    Media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar
b.    Media dapat digunakan secara missal
c.    Media pendidikan digunakan dalm rangka komunikasi dan interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran
d.    Penekanan media pendidikan terdapat pada visual dan audio
Jawaban :
27. Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekan, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau objek. Pernyataan tersebut merupakan ciri dari media pendidikan…
a.    Ciri distributive
b.    Ciri Fiksatif
c.    Ciri Manipulatif
d.    Ciri Afektif
Jawaban : b. ciri fiksatif
28. Berdasarkan perkembangan teknologi, media pembelajaran dapat dikelompokkan Ke dalam beberapa kelompok….
a.    1
b.    2
c.    3
d.    4
Jawaban : d. 4


29. Salah 1 pilihan media tradisional adalah visual yang diproyeksikan. Apa-apa saja contohnya….
a.    Gambar, poster, foto, charts, grafik, diagram, pameran, papan info, papan-bulu
b.    Film, Televisi, Video
c.    Teka-teki, simulasi, permainan papan
d.    Model, specimen (contoh), manipulative (peta,boneka)
Jawaban : a. Gambar, poster, foto, charts, grafik, diagram, pameran, papan info, papan-bulu
30. Hypertext merupakan….
a.    Gabungan media lain ke dalam teks
b.    Suatu system penyampaian pengajaran di mana materi video rekaman disajikan dengan pengendalian computer kepada penonton (siswa) .
c.    System penyimpanan dan rekaman video dimana signal audio-visual direkam pada disket plastic, bukan pada pita magnetic
d.    Suatu tulisan yang yang tak berurutan – nonsekuensial
Jawaban : d. Suatu tulisan yang yang tak berurutan – nonsekuensial
31. Apabila terjadi keterbatasan pada media cetakan, maka yang terjadi adalah….
a.    Sulit menampilkan gerak dalam halaman media cetakan
b.    Biaya percetakan akan mahal
c.    Proses pencetakan media seringkali memakan waktu beberapa hari sampai berbulan-bulan
d.    SEMUA BENAR
Jawaban : d. semua benar
32. Salah satu kelebihan media pamer adalah sebagai berikut…
a.    Fasilitas papan tulis atau white board selalu tersedia di ruang-ruang kelas
b.    Memerlukan keahlian khusus dari penyajinya
c.    Penggunaan.y pada kelompok kecil
d.    Mungkin tidak dianggap penting jika dibandingkan dengan media-media yg diproyeksikan.
Jawaban : a. Fasilitas papan tulis atau white board selalu tersedia di ruang-ruang kelas
33. Visula baik berupa huruf, lambing, gambar, grafik atau gabungannya pada lembaran bahan tembus pandang atau plastic yang dipersiapkan untuk diproyeksikan ke sebuah layar atau dinding melalui sebuah proyektor. Merupakan pengertian dari…
a.    Slide
b.    Proyektor Transparansi (OHP)
c.    Rekaman Audio-Tape
d.    Slide
Jawaban : b. proyektor transparansi
34. Keuntungan dari media Slide adalah….
a.    Dapat digandakan untuk keperluan perorangan
b.    Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendengarkan diri sendiri sebagai alat diagnosis
c.    Urutan gambar (film bingkai) dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan
d.    Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna
Jawaban : c.urutan gambar(film bingkai) dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan
35. Televisi adalah system elektronik yang mengirimkan gambar diam dan gambar hidup bersama suara melalui kabel atau ruang. Salah satu keterbatasan yg dimiliki televise adalah….
a.    Bisa menyajikan model dan contoh contoh yang baik bagi siswa
b.    Dapat memberikan kepada siswa peluang untuk melihat dan mendengar diri sendiri
c.    Hanya mampu menyajikan komunikasi satu arah
d.    Dapat menyajikan visual dan suara yang amat sulit diperoleh pada dunia nyata
Jawaban : c. hanya mampu menyajikan komunikasi satu arah
36. Salah satu keuntungan dari media Komputer adalah….
a.    Dapat mengakomodasi siswa yang lamban menerima pelajaran, karena ia dapat memeberikan iklim yang lebih afektif dengan cara yang lebih individual, tidak pernah lupa, tidak pernah bosan, sangat sabar dalam menjalankan instruksi seperti yang diinginkan program yang digunakan.
b.    Harga perangkat keras computer cenderung semakin menurun (murah)
c.    Untuk menggunakan computer diperlukan pengetahuan dan keterampilan khusus tentang computer.
d.    Keragaman model kompuetr sering menyebabkan program yang tersedia untuk sau model tidak cocok (kompatibel) dengan model lainnya.
Jawaban : a. Dapat mengakomodasi siswa yang lamban menerima pelajaran, karena ia dapat memeberikan iklim yang lebih afektif dengan cara yang lebih individual, tidak pernah lupa, tidak pernah bosan, sangat sabar dalam menjalankan instruksi seperti yang diinginkan program yang digunakan.
37. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera ruang dan waktu, seperti berikut…
a.    Objek atau benda yang terlalu besar untuk ditampilkan langsung di ruang kelas dapat diganti dengan gambar, foto, slide, realita, film, radio, atau model.
b.    Memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri di kalangan siswa
c.    Membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
d.    Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain, dan membantu efisiensi dan keragaman yang lebih banyak dalam belajar.
Jawaban : a. Objek atau benda yang terlalu besar untuk ditampilkan langsung di ruang kelas dapat diganti dengan gambar, foto, slide, realita, film, radio, atau model.
38. Dibawah ini yang termasuk dalam media visual, kecuali ?
a.    Grafik, radio, diagram, chart, poster, kartun, komik
b.    Grafik, diagram, poster, kartun, komik
c.    Grafik, diagram, chart, poster, komik
d.    Grafik, diagram, chart, tape recorder, kartun, dan lab. bahasa
Jawaban : d. Grafik, diagram, chart, tape recorder, kartun, dan lab. Bahasa
39. Media transparansi adalah …..
a.     OHT atau Media visual proyeksi yang dibuat diatas bahan transparan, yang berupa film acetace atau plastic yang memiliki ukuran.
b.    Media yang digunakan sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar
c.    Media yang tampilannya dapat diamati dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi/tebal
d.    Media yang penyajianya mengunakan lambang-lambang visual,untuk mendapatkan sejumlah informasi yang menunjukan perkembangan.
Jawaban : a. OHT atau Media visual proyeksi yang dibuat diatas bahan transparan, yang berupa film acetace atau plastic yang memiliki ukuran.
40. OHP adalah untuk memproyeksi benda-benda transparan (tembus cahaya) kepermukaan layar, adapun bagian OHP, sebagai berikut ?
a.    Kepala proyektor, lensa proyeksi, pengatura ketajaman gambar, alas kaca, lubang ventilasi.
b.    Kepala proyektor, lensa proyeksi, alas kaca, lubang ventilasi, tombol on-off
c.    Kepala proyektor, lensa proyeksi, pengatura ketajaman gambar, alas kaca, lubang ventilasi, tombol on-off
d.    Kepala proyektor, pengatura ketajaman gambar, alas kaca, lubang ventilasi, tombol on-off
Jawaban : c. Kepala proyektor, lensa proyeksi, pengatura ketajaman gambar, alas kaca, lubang ventilasi, tombol on-off
41. Fungsi OHP secara umum adalah….
a.    Pengganti papan tulis dengan menggunakan pen khusus yang ditulis pada lembaran transparan
b.    Tempat menunjukkan bayangan suatu benda
c.    Untuk mendemontrasikan suatu percobaan
d.    Semua benar
Jawaban : d. semua benar
42. Media power point termasuk kedalam jenis media ?
a.    Media visual
b.    Media audio visual
c.    Media audio
d.    Media transparansi
Jawaban : b. media audio visual
43. Fungis atensi, yaitu ?
a.    Menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaiatan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
b.    media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar teks yang bergambar.
c.    media visual dapat terlihat dari temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang terkandung dalam gambar.
d.    media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks.
Jawaban : a. Menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaiatan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
44. Fungsi afektif, yaitu ?
a.    Menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaiatan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
b.    Media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar teks yang bergambar.
c.    Media visual dapat terlihat dari temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang terkandung dalam gambar.
d.    Media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks.
Jawaban : b. Media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar teks yang bergambar.






45. Fungsi kognitif , yaitu ?
a.    Menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaiatan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
b.    Media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar teks yang bergambar.
c.    Media visual dapat terlihat dari temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang terkandung dalam gambar.
d.    Media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks.
Jawaban : c. media visual dapat terlihat dari temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang terkandung dalam gambar.
46. Fungsi kompensatoris, yaitu ?
a.    Menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaiatan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
b.    Media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar teks yang bergambar.
c.    Media visual dapat terlihat dari temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang terkandung dalam gambar.
d.    Media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks.
Jawaban : d. Media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks.
47. Media cetak adalah….
a.    Media yang dicetak baik secara massal atau  tidak,  biasanya  berupa  kertas  dan  berisi  pengetahuan  dan  maksud  yang  ingin diutarakan oleh penulis.
b.    Media yang penyajianya mengunakan lambang visual,untuk mendapatkan sejumlah informasi yang menunjukan perkembangan.
c.    Media yang digunakan sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar.
d.    Media yang berupa kertas.
Jawaban : a. media yang dicetak baik secara massal atau tidak, biasanya berupa kertas dan berisi pengetahuan dan maksud yang ingin diutarakan oleh penulis.
48. Manakah dibawah ini yang termasuk kedalam media noncetak ?
a.    Buku pelajaran, ensiklopedi, modul, rekaman
b.    Kaset audio, modul, buku, slide presentasi
c.    Kaset audio, rekaman, Slide presentasi, Gambar/foto, Video, rekaman dari TV, Video CD/DVD, dll.
d.    Koran, gambar/foto, buku pelajaran dll
Jawaban : c. kaset audio, rekaman, slide presentasi, gambar/foto, video, rekaman dari tv, video CD/DVD dll.



2 komentar: